Header Ads

test

Noise: Musik Apa Bukan!?

Musik Noise adalah sub-genre dari Experimental Music yang dibuat dari susunan suara suara yang aneh dan memekakan telinga.

Agak aneh memang menggabungkan kata "Noise" dengan kata "Musik" dalam satu frase. Secara umum, noise berarti suara yang tidak diinginkan. Sedangkan musik berarti suara yang disusun rapi dari nada-nada yang dimaksudkan untuk memanjakan telinga pendengarnya. Karena itulah sering kali musisi noise tidak menyebut aliran mereka sebagai noise music, tapi cukup "noise"' saja.



Noise secara tidak langsung merupakan anakan dari industrial music, dengan etos DIY:nya, serta penggunaan alat-alat non-instrumen musik.

Noise sering kali dijelaskan dengan kata-kata "punishing and abrasive" atau "menghukum dengan kasar". Genre ini bisa terdengar sangat load dan berantakan. Beberapa jenis aliran noise antara lain
free form dari musik elektronik oleh Merzbow dan Mosanna, noise yang agak terbentuk seperti milik Boyd Rice dan Black Leather Jesus, sampai coold haiku sound-scape khas Ryoji Ikeda dan Sachiko M. Sebagian besar pengusung noise terinspirasi dari sub culture dadais dan surealisme.

Di Kanada, Nihilist Spasm Band memperkenalkan noise yang berbasis akustik. Mengklaim aliran noise rock yang merupakan penggabungan noise dengan rock, band ini menggunakan instrument musik rock, namun porsi penggunaan distorsi dan efek elektronik masih mendominasi. Bentuk noise ini sering kali diasosiasikan dengan grindcore.



Noise sendiri telah memberikan pengaruh besar pada dunia musik, noise mengubah cara pandang orang mengenai suara mana yang "musikal" dan "tidak musikal"..nice!

shared by CENN.

No comments

silahkan raw disini!