Header Ads

test

OBSCENE EXTREME : Freak Friendly Extreme Music Open Air Festival 2011

OBSCENE EXTREME : Freak Friendly Extreme Music Open Air Festival. Yeah! ini merupakan salah satu acara music extreme terbesar tahunan yang sudah berlangsung lama. Berlokasi di Chezh Republic event ini cukup menyita perhatian komunitas music extreme dunia, dan di tahun 2010 kemarin merupakan sesuatu yang luar biasa telah terjadi dimana salah satu band lokal kita mendapat kesempatan untuk meramaikan event akbar tersebut. NOXA, salah satu pentolan band grind Jakarta, ID. dapat mengibarkan bendera merah putih disana.
Berawal dari saling berbalas email mengenai informasi Robin Hutagaol (RIP) drummer pertama Noxa yang wafat karena kecelakaan sepeda motor pada 17 January 2009 yang lalu, dengan Curby, owner dan pendiri Obscene sebuah record label dengan nama Obscene Record dan acara festival besar tahunan yang digelar di Czech Republic Eropa dengan nama Obscene Extreme Festival, maka berkembanglah cerita yang akhirnya Noxa diundang di acara Obscene Extreme Festival 2010 (OEF 2010) yang sebelumnya pada tahun 2005 dan 2007 Robin Hutagaol RIP sudah pernah berkunjung ke acara tersebut, menititip-promokan album I dan II Noxa di sana sekaligus mengajukan Noxa untuk bisa tampil tampil di acara itu.
Dengan keputusan bulat dan tekad yang kuat akhirnya Ade (gitar), Tonny (vocal), Dipa (bass) dan Alvin (dram) pengganti Robin (RIP) sepakat untuk memenuhi undangan untuk tampil di acara Obscene Extreme Festival 2010 yang lokasinya di Trutnov, bagian utara Czech Republic, dan Noxa juga melakukan tour 2 gig lagi di Budejovice dan Praha, total gig 3 kota di Czech Republic.
Berangkat 11 Juli dinihari dan tiba 11 Juli sore di Praha. Cuaca disana sangat panas suhu sekitar 39-40 celcius. Menurut orang disana ini tidak biasa karena biasanya suhu saat musim panas sekitar 15-20 celcius. Akibat global warming, panasnya jadi luar biasa dan ini terjadi bukan di Czech Republik saja, tetapi di seluruh wilayah Eropa.
13 Juli sore, bersama Rob [panitia pre OEF, gitaris band grindcore asal Czech, Ingrowing, dan band hardcore, Locomotive], kita menuju Budejovice, ke sebuah venue bernama, Club Fabrika, jaraknya kira-kira 160 km atau 3 jam dari Praha kearah selatan Czech tempat acara untuk manggung di hari pertama. Noxa main di urutan ketiga di acara ini, dengan urutan band pada saat itu yaitu Band crush punk local dari Budejovice, lalu band crush grind asal Prancis “Whoresnation” kemudian Noxa dan terakhir Xaros band crush grind asal Prancis juga. Noxa tampil dengan sukses yang main kedua dari total 3 band yang tampil, pengunjung yang beli tiket dari data panitia berjumlah sekitar 80 orang dimana MC Fabrika ini adalah pub kecil yang berkapasitas 100 orang. Acara berjalan lancar, kita juga menjual T-Shirt dan merchandise Noxa disana dan ternyata lumayan banyak juga yang beli.
Keesokan harinya, berkemas untuk menuju Praha untuk acara di Rock Club Kain, sebuah pub metal yang lokasinya di Praha zone 4. Noxa tampil bersama 4 band lain yaitu Krush, band crush-grind asal Belanda, The Arson Project, [grindcore asal Swedia], Hovadah [grindcore asal UK+Czech] dan 2 band grindcore Prancis yang juga tampil di Budejovice bersama Noxa, Xaros dan Whoresnation. Jumlah penonton yang hadir memenuhi pub tersebut yang berkapasitas 150 orang. Di tempat tersebut tiap band juga diberi kesempatan untuk menjual merchandise. Acara berjalan sukses, respon penonton terhadap Noxa sangat baik, terlihat dari penonton yang ber-mosh pit dari lagu ke lagu.

15 Juli, Noxa melanjutkan perjalanan menuju Trutnov yang berjarak sekitar 150 km atau 2.5 jam dari Praha, di Trutnov inilah acara Obscene Extreme Festival 2010 itu berlangsung selama 3 hari dari tanggal 15-17 Juli. Dengan jumlah penonton sekitar 30.000 orang, festival ini menampilkan 66 band, diantaranya DRI, Misery Index, Incantation, Doom, Cripple Bastard, General Surgery, Cattle Decapitation, Haemorrhage, Malignant Tumour, Ingrowing, Master, dll. Di festival ini, 80 persen band yang tampil adalah band dengan segala jenis aliran grindcore sisanya brutal death, death metal, dan crust punk. Noxa main pada pukul 18.15. Pada saat tampil, antusias penonton sangat responsif dilihat dari penonton yang ber-moshing dan stage diving saat Noxa tampil. Di akhir penampilan Noxa sempat membentang bendera merah putih di hadapan ribuan penonton yang datang dari berbagai belahan Eropa dan Amerika pada hari itu.
Selama tur, Noxa membawakan 14 lagu yang diambil dari:
album pertama Noxa,
- Wake Up And Stand Up- Shitty People
- Close Minded
- The Last Day
- Againts Humanity
album kedua Noxa,
- Grind Viruses
- Hancur
- Dying Inside Out
- Sinetron Sucks
- Starvation
- Lembata
- Poligami
- Catastrophe

Pada acara Obscene Extreme Festival 2010 ini juga panitia membuat CD kompilasi dari band-band yang tampil di acara tersebut, termasuk 38 band diantaranya Misery Index, Doom, Cripple Bastard, Haemorrhage, Gebneral Surgery, dll dengan total jumlah lagu sebanyak 45 lagu. Pada Obscene Extreme Festival yang diadakan pada tahun ini, kompilasi ini diberi nama Silence Sucks! Compilation, dan CD Obscene Extreme Festival yang dibuat pada tahun 2010 ini khusus dipersembahkan untuk Robin Hutagaol (RIP) drummer pertama NOXA, ID. Tampak di kiri kanan panggung terpampang foto Alm. Robin. Curby pemilik label serta penanggung jawab acara Obscene Extreme di situsnya mengatakan tema acara kali ini dipersembahkan untuk mengenang drummer Noxa.

Sebuah penghargaan yang tak pernah mereka sangka, dan sebuah prestasi yang mengharumkan bagi music extreme Indonesia bisa dikenal di negeri orang.
Sebuah kebanggaan bagi kita ketika mendengar album kompilasi metal ini. Pasalnya salah satu band Indonesia, Noxa masuk dalam kompilasi OBSCENE EXTREME 2010 ini. Tak hanya itu band grindcore asal Jakarta, Noxa juga berkesempatan untuk tampil di festival music extreme terbesar yang menampilkan band dari seluruh dunia yang di gelar di Ceko selama 3 hari mulai tanggal 15, 16, dan 17 Juli 2010.

Artist: Various Artists
Album: Obscene Extreme Festival Compilation
Years: 2008
Genre: Death Metal / Grindcore / Brutal Death Metal / Goregrind
Web: http://www.obsceneextreme.cz/
Country: Czech Republic, Trutnov




Tracklist:
01. Misery Index - The Carrion Call
02. Cripple Bastards - Sangue Chiasma
03. Avulsed - Breaking Hymens
04. Doom - Trash Breed Trash
05. Haemorrhage - Traumageddon
06. Incantation - Lead to Desolation
07. Rompeprop - Scootish Handcuffs
08. Victim - Lies, Lies, Lies
09. Malignant Tumour - Decibel Maniacs
10. The Arson Project - Locust Swarm
11. Martyrdod - Gloria Runt Iris
12. Bloody Phoenix - Curse of The Dragon
13. Bloody Phoenix - Killing For Sport
14. Japanische Kampfhorspiele - Die Kampagne
15. Insidious Decrepancy - Adorned In Agony
16. Disfigured Corpse - Social Sterility
17. Disfigured Corpse - Sychophants
18. IWorld Downfall - Anti Scene
19. Ingrowing - Escapology
20. Nashgul - Crematorio
21. Beyond Terror Beyond Grace - Hang Them By Their Crwon
22. Psycofaghist - Uomo O Merda
23. Noisebazooka - Birth Sells
24. Noisebazooka - Instructions Manual For Everyday Life
25. Eardelete - Tempering In Steel
26. Psychotic Despair - Memories
27. Funerus - Suffering Lie
28. Tinner - Koks I Lasten
29. Tinner - Urskta Var Ar Rannstenen
30. Pasiv Dodshjalp - Radiopalgor
31. Noxa - Brave On The Desert
32. Vielfuck - Fuck The System
33. Ablach - Fian Warriors/Witch's Hole
34. Viral Load - Pus-Filled Colostomy Bag
35. Trigger - Sauerklee
36. Xaros - Fat and Furiousr
37. Sexy Police - Not Neutered
38. Whoresnation - Not In Our Backyard
39. Krush - This Is Going Nowhere
40. Krush - 5 Seconds
41. Mucus - Superman A Linges
42. Mucus - Caca!
43. Mucus - Ic Train
44. Obscure Mortuary - Bring Me The Scum
45. Hovadah - Fuck The Nazis

Source:
The Last Disaster

No comments

silahkan raw disini!