Header Ads

test

Sungsang Lebam Telak


Artist: Sungsang Lebam Telak
Album: Kecuali Mengenang Betismu (26'43) EP.
Genre: Jazz/Improe/Rock
Country: Bandung, Indonesia (lost disco records/self-released, August 14th 2007)
Myspace


Tracklist:
1. Terbenam Di Lautan Kegagahan Dubur
2. Kecuali Mengenang Betismu, Oh Sembadra
3. Teruntuk Siapapun Yang Membuat Alisku Menari
4. Apabila Setiap Sisi Ketiak Saling Membentak
5. Parade Banci Liang Lahat Yang Tak Terkalahkan
6. Leher-Leher Penyabar

free improv trio (that looks like a clown)
Ageng (vocal, bass, piano, and drum)
Gembi (bass, piano)
Dani (drum, piano, vocal)

Contact:
manajemen band bagus: 0817813137
e-mail: candywarhol@lycos.com

Unduh Kecuali Mengenang Betismu

Issue i:
sungsang lebam telak terbentuk di bandung tepat akhir tahun 2005 dan awal 2006. dipersonili oleh tiga sekawan: ageng (vokal, bas, piano, drum), dani (vokal, drum, piano), gembi (bas, piano). tidak ada arti khusus di balik pemilihan nama band ini, kecuali hanya untuk menggambarkan keadaan yang “paling parah” dari sesuatu yang kami ciptakan. band ini adalah proyek terbuka agar dalam perjalanannya terasa lebih fleksibel. Keterbukaan yang dimaksud adalah, setiap personil bebas memberikan ide-ide gilanya, tanpa dilarang. kebebasan itu juga dibuktikan dengan “peraturan tak tertulis” bahwa setiap personil bebas memilih instrumen favoritnya untuk dimainkan. namun, semuanya bernaung dalam sebuah konsep besar, yaitu membuat musik jazz di indonesia terlihat kampungan dan—bahkan!—tolol, mengingat imej genre ini di indonesia masih terasa terlalu “mahal”. setidaknya, bagi ketiga personil sungsang lebam telak.

band ini mengonsep keseluruhan imejnya. dari mulai desain sampul CD, pemilihan judul lagu, dan musikalitas. desain sampul CD selalu bertemakan film-film lama yang esensial, alasannya sederhana: hanya agar terlihat “elegan” dari luar. di sisi lain, pemilihan judul lagu merupakan hal yang banyak membuat banyak penasaran. kalimat khas absurd yang membunuh grammar itu sendiri, dengan sentuhan sastrawi yang kuat menjadi daya tarik mereka yang melihat rilisan SL*T (singkatan khas sungsang lebam telak). di setiap panggungnya, SL*T selalu membacakan manifesto yang berisikan pesan provokatif untuk semua musisi di seluruh dunia, “musik kalian jelek! musik kami bagus!”

sementara, musik yang SL*T mainkan adalah mix antara free-improv dengan free-jazz, plus sedikit math-rock. selalu memberikan suasana “amburadul” yang menarik. vokal ageng yang mengganti posisi saxophone dari sebuah band jazz umumnya. bahkan terkadang malah terdengar seperti bayi yang merengek. beat drum dani yang tidak terduga di beberapa pattern. juga permainan bass gembi yang mengadaptasi gaya bassist jazz jaman blue note. tentunya, semua lagu diciptakan bersama melalui metode jamming. penuh improvisasi. terbuka, dan bebas.

jarak setahun setengah setelah self-titled EP, sungsang lebam telak kembali merilis 6 track EP yang diberi judul "kecuali mengenang betismu" (juli, 2007, lost disco records). netlabel eDogm juga merilis album ini di dalam katalog "edo019" bersama dengan artis/grup free-improv, free-jazz, avant-electro, dan noise lainnya dari seluruh dunia seperti rumurhang, d'incise, johann borquenez, dan shamani.

progresitas yang signifikan terlihat jelas di EP kedua ini. kualitas sound yang meneror di EP pertama sudah jauh ditinggalkan. focusing ke roots jazz adalah inti dari EP kedua SL*T. "kecuali mengenang betismu" menghadirkan enam komposisi yang meramu tradisi jazz ke dalam bentuk parodi gaya kontemporer. penggunaan instrumen piano juga merupakan salah satu alat untuk melegitimasikan identitas SL*T sebagai free-jazz act yang siap meluluhlantakkan definisi terkini dari "musik". SL*T membuat beberapa komposisinya di bawah pengaruh jazz acts seperti sun ra, chick corea, blue note era awal dan free-improv musicians seperti storm&stress, fushitsusha, dan derek bailey.

Data band-band jazz eDogm

Issue ii: 
Demo ini bersemayam lama di harddisk komputer teman Gembi jaman kuliah dulu di Bandung, sejak pertengahan tahun 2007. Waktu itu Gembi buat demo ini sebagai sketsa lagu untuk rekaman materi album Kecuali Mengenang Betismu (Lost Disco, 2007) di studio.
Setelah sekian waktu, iseng-iseng saja Gembi meminta 4-tracks demo ini untuk di-mixing sekenanya, akhirnya jadilah lagu ini, “Marilah Kusebut Saja Sebagai Pesawat Pengurai”.
Issue iii: 
Salah satu band yang banyak mendapat perhatian di berbagai scene lokal; mulai dari scene d.i.y punk, scene indie-rock, sampai (tentunya) art-scene lokal… Sungsang Lebam Telak! Band ini (www.myspace.com/sungsanglebamtelak) berdiri pada tahun 2006. Sudah merilis dua buah EP plus sebuah rare-album, yakni: Sungsang Lebam Telak (Lost Disco, 2006), Kecuali Mengenang Betismu (eDogm.net, 2007) dan Kecuali Mengenang Recording Session (B-sides dari Kecuali Mengenang Betismu. Rare!).

Sebenarnya embrio dari Sungsang Lebam Telak sudah bisa tercium dari Pemuda Elektrik (grup noise/performance-art bentukan Gembi bareng Ageng di awal 2000-an. Sudah bubar di tahun 2005 kemarin) dan The Psychedelic Urban Romances (proyek free-improv/idiot-rock bentukan Gembi dan Dani di tahun 2005. Bubar di tahun yang sama). Pada tahun 2006, Gembi, Ageng & Dani sepakat untuk membentuk band yang memainkan musik “super-jazz / math-rock / avant-post-neo-jazz” bernama Sungsang Lebam Telak! Dengan formasi: D.A.N.I (drums), Ageng (piano/vocals) & Gembi (bass). Mengaku mendapat inspirasi dari: Sun Ra, Storm&stress, (early) Blue Note Records, Hella, Fushitsusha, John Zorn, Get Hustle, Arab On Radar, dll.

Di kesempatan yang berbahagia ini, SL*T (singkatan khas dari band ini) mempersilahkan kalian untuk mengunduh beberapa lagu remix dari mereka (yang diremix oleh DJ-DJ antah-berantah, yang mana materi aslinya ada di EP self-title SL*T) secara gratis!… Jadi, berbahagialah kalian, para ‘Sungsang-Darlings’!…

Tracklisting:
01. Ratapan Komodo Basah Terburu-buru [Lunta-lunta Mix] (by: DJ Arwah a.k.a DJ Roni Kalap)
02. Kelakar Ludah Tampan [Lo-Fi Basement Mix] (by: DJ Joni Zebra)

No comments

silahkan raw disini!